Rabu, 25 Desember 2013

Bubur Manado

Merasa bersalah dengan menu diet yang kurang bergizi? 
Kurangi kesalahan Anda, makan bubur Manado! 

Agar tidak menguras kantong, yuk bikin sendiri :D Dalam sepiring bubur Manado tersedia beragam zat gizi yang diperlukan tubuh. Karbohidrat sebagai sumber tenaga berasal dari beras, jagung, ubi dan labu. Protein, zat pembangun, dari tempe goreng dan ikan asin. Serat, vitamin dan mineral disediakan oleh bayam, kangkung dan kacang panjang. Bagi penderita asam urat lain cerita ya, hehe. Sebenarnya bubur Manado buatan kami kali ini terlalu encer, hiks. Pesan moralnya yang dapat dipetik, jangan memasak beras dengan air terlalu banyak di awal. Sayuran yang dimasukkan terakhir-terakhir menyumbang air, membuat bubur bertambah encer. Perbandingan antara air dan beras juga tergantung pada jenis beras yang digunakan, ada yang suka air dan sebaliknya.


Resep Bubur Manado

Bahan-Bahan Bubur :
Beras 220 g
Air 2 - 2,5 liter (tadinya sekitar 3,5 liter jadinya terlalu encer)
Jagung muda  2 batang
Kangkung 1 ikat (kecil)
Bayam 1 ikat (kecil)
Kacang panjang 1 ikat (kecil)
Daun kemangi 3 ikat (kecil)
Ubi jalar (nggak pakai hehe, padahal kalau pake lebih nyam-nyam)
Labu kuning (nggak pakai juga nich hehe, padahal kalau pake lebih nyam-nyam)
Serai (kelupaan pakai)
Garam secukupnya

Pelengkap
Ikan jambal roti/ikan asin goreng
Tempe goreng
Sambal terasi

Cara membuat :
1. Rebus air, garam dan beras sampai setengah matang. Masukkan jagung muda yang telah dipipil, batang serai yang telah digeprek, ubi jalar dan labu kuning.
2. Masak sampai nasi menjadi bubur. Masukkan kacang panjang. Setelah beberapa saat masukkan daun bayam dan daun kangkung. Terakhir ketika hampir matang masukkan daun kemangi.
3. Sajikan bubur Manado hangat-hangat bersama ikan jambal roti goreng, tempe goreng dan sambal terasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar