Kamis, 07 Februari 2013

Kupat Tahu

Ada 3 daerah, setahu CKI, yang "memiliki" kupat tahu. Bandung, Solo dan Magelang. Persamaannya : pasti menggunakan ketupat, tahu (ya iyalah) dan siraman kuah yang manis-pedas. Salah satu perbedaannya : pembuatan kuah kacang. Pada kupat tahu Bandung, kuah dibuat dengan mencampurkan bumbu halus, kacang tanah, terasi, garam dalam air sampai mendidih dan berminyak. Berbeda dengan kupat tahu Magelang, dimana gula merah dan air dimasak dahulu, lalu disaring, dicampur kecap manis kemudian dimasak lagi. Baru kemudian dituang ke ulekan mentah bumbu-bumbu (yang hampir sama dengan kupat tahu Bandung kecuali terasi) yang sudah disiapkan per porsi. Kupat tahu Solo pembuatannya mirip-mirip kupat tahu Bandung, kuah dimasak dengan bumbu-bumbu halus. Namun tidak menggunakan kacang tanah, memakai daun jeruk purut dan mie telor sebagai pelengkap. Untuk lebih jelas resepnya bisa dilihat di Resep Kupat Tahu Bandung, Resep Kupat Tahu Solo dan Resep Kupat Tahu Magelang. Belum pernah mencicipi kupat tahu Bandung dan Solo, jadi nggak bisa membandingkan cita rasanya. Kalau ada yang lebih tentang kupat tahu nusantara bisa sharing di blog ini ya. Baik menambahi atau bahkan meralat :)

Kemarin kami mencoba buat kupat tahu tapi tidak mengikuti pakem yang ada, sedikit bar-bar. Ketupatnya diganti lontong lagi hehe, tapi tak masalah yang penting masih ada tahunya :D. 

Kupat Tahu Ala Kami XD

Resep Kupat Tahu (Bar-Bar)
Bahan :
Lontong  
Bawang goreng
Kol rebus
Tauge kacang hijau pendek-pendek rebus (harusnya yang panjang )

Tahu Sumedang

Kacang tanah, cabai rawit, bawang putih dengan minyak sedikit

Bahan Kuah :
Air
Asam Jawa
Gula merah
Garam
Bawang putih
Cabai rawit
Kacang tanah goreng
Kecap

Kuah dengan gilingan kacang tanah kasar

Semua bahan dalam jumlah secukupnya, tanpa takaran pasti :D 

Cara Membuat : 
Cara Membuat Kuah
1. Rebus air, asam jawa, gula merah, garam sampai mendidih. Setelah dingin saring untuk memisahkan kotoran.
2. Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit sampai kecokelatan dan matang. Tepat ketika akan matang masukkan cabai rawit dan bawang putih. Matikan api, angkat lalu aduk-aduk semuanya supaya tidak gosong. Dinginkan.
3. Giling dengan blender bawang putih, cabai rawit dengan rebusan no.1, masukkan kacang tanah goreng. Kacang tanah sengaja digiling kasar.

Cara Menyajikan 
1. Sajikan dalam piring secara berurutan : potongan lontong, kol rebus, tauge pendek rebus, tahu Sumedang goreng.
2. Siram dengan kuah kacang. Be generous, jangan pelit-pelit kuahnya. Beri kecap manis dan taburan bawang goreng.  


Selain gampil dibuat, kupat tahu termasuk makanan sehat dengan bahan baku murah meriah. Dari mengonsumsi tahunya, kita bisa memperoleh asupan protein yang dibutuhkan tubuh dan berbagai manfaat lainnya seperti mencegah osteoporosis, bermanfaat untuk wanita yang sudah menopouse dan baik untuk program penurunan berat badan (1). Begitu pula tauge kacang hijau. Tingkat ketercernaan tauge kacang hijau lebih tinggi dibanding kacang hijau yang tak mengalami perkecambahan. Pada saat perkecambahan, terjadi hidrolisis karbohidrat, protein dan lemak sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu, kandungan vitamin E (tokoferol), B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), piridoksin, dan biotin juga mengalami peningkatan (2). Bagaimana dengan sayur kol? Kol mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti kalsium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin C. Kandungan fitonutrien dalam kol juga dapat menurunkan kolesterol dan melawan radikal bebas penyebab kanker (3).

Berminat ublek-ublek dapur? Jika ingin membuat kupat tahu yang bener, bisa mengikuti resep yang sudah di-link diatas ;) jangan resep suka-suka kami ya hehe.

Sumber :
(1) Artikel "6 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan" oleh Kabari News pada tanggal 22 Mei 2011 dari http://kabarinews.com/6-manfaat-tahu-bagi-kesehatan/36774 
(2) Artikel "Kacang Hijau, Antioksidan ..." oleh Prof Dr Made Astawan pada tanggal dari http://web.ipb.ac.id/~tpg/de/pubde_ntrtnhlth_kacanghijau.php
(3) Artikel "Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan" oleh Anneahira dari http://www.anneahira.com/manfaat-sayur-kol.htm  

1 komentar: